Skip to content

Syarat & Ketentuan
Pengguna Aplikasi Surplus

​1. Pengenalan

Selamat datang di aplikasi Surplus! Misi dari aplikasi Surplus adalah untuk meningkatkan kesadaran akan limbah makanan dengan memaksimalkan penjualan makanan berlebih dari toko makanan pada jam-jam tertentu dengan diskon 50%. (“konsep”).

Kami menyediakan cara bagi pengguna (“Pelanggan”) untuk melakukan pesanan di Surplus berupa makanan (“Produk”) di toko makanan, Restoran, supermarket, Toko roti, Hotel, SPBU, dll (“toko”) ditampilkan on platform (“Layanan”). Kontrak hukum untuk penyediaan dan pembelian produk adalah antara pelanggan dan mitra  terkait. Surplus tidak memiliki kontrol atas Actions atau kelalaian dari setiap toko.

Syarat dan ketentuan ini (“ketentuan”) yang dikeluarkan oleh Surplus  berlaku untuk setiap penjualan produk yang dilakukan melalui  aplikasi (“platform”) kepada pelanggan. Sementara Surplus  mencoba untuk memastikan bahwa platform ini biasanya tersedia dua puluh empat (24) jam sehari, Surplus tidak berkewajiban untuk melakukannya, dan tidak akan bertanggung jawab kepada pelanggan jika platform tidak tersedia setiap saat atau setiap periode.

Ketika melakukan pemesanan pada platform , Pelanggan menyetujui :

  • Berbelanja sebagai konsumen untuk tujuan pribadi
  • Memiliki akun untuk pembayaran yang valid

Saat melakukan pemesanan, pelanggan menerima persyaratan ini dan oleh karena itu pelanggan diharuskan untuk meninjau persyaratan secara menyeluruh sebelum mengajukan pesanan pada platform. 

Dengan menerima ketentuan ini, pelanggan setuju untuk menerima semua informasi yang relevan dalam Bahasa Indonesia. Selanjutnya, pelanggan menerima bahwa semua perjanjian antara pelanggan dan Surplus akan disimpan oleh  Surplus  untuk jangka waktu 5 tahun.

Selanjutnya, dengan menerima ketentuan ini, pelanggan setuju untuk menerima email dan pesan teks terkait dengan setiap order yang dilakukan oleh klien. Hal ini diperlukan dalam rangka untuk memastikan bahwa klien menerima semua notifikasi penting  terkait dengan pesanan.

Surplus berhak untuk merevisi dan mengubah syarat dari waktu ke waktu. Pesanan pelanggan akan tunduk pada persyaratan yang berlaku pada saat pelanggan menempatkan pesanan, (Lihat klausul 4).

Informasi kontak dan layanan pelanggan Surplus
Jl. Belimbing no.8.  Utan kayu utara, Matraman, Jakarta Timur, Indonesia 13120. cs@surplus.id

2. Produk

Surplus secara eksklusif mengatur kontrak antara pelanggan dan toko serta Surplus  tidak memiliki tanggung jawab sehubungan dengan produk atau pemenuhan kontrak antara toko dan pelanggan.

Surplus tidak , dengan cara apapun, manufaktur, menjual, membeli, menyimpan, mempersiapkan, menghasilkan, proses, menandai, berkemas, memberikan atau menangani produk. Surplus  tidak bertanggung jawab atas pemenuhan kewajiban kontraktual terhadap pelanggan atau produk, termasuk manufaktur, penjualan, pembelian, Penyimpanan, persiapan, produksi, pengolahan, penandaan, pengiriman, kualitas, bahan, alergen atau penanganan produk, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,yangberkaitan dengan hal di atas.

Pelanggan dapat menemukan informasi tentang produk dan Deskripsi produk di platform.

Deskripsi hanya instruktif dan untuk tujuan memberi pelanggan prasyaratan terbaik untuk mengevaluasi produk yang dipilih sebelum melakukan pembelian. Mungkin ada kejadian di mana platform tidak diperbarui dari kisaran produk yang sebenarnya, item penuh dll atau tidak seperti yang dinyatakan pada platform. Dalam kasus tersebut,  surplus  tidak bertanggung jawab. Toko bertanggung jawab untuk memberikan informasi tentang produk dan memastikan bahwa hal tersebut  faktual akurat dan up-to-date.  Surplus tidak melakukan tanggung jawab diluar hal  tersebut. Jika pelanggan ragu tentang peringatan Alergi, isi hidangan atau informasi menu lainnya, pelanggan harus mengkonfirmasi dengan toko secara langsung sebelum memesan.

​3. Pemesanan produk

Daftar toko dapat ditemukan di platform. Jika pelanggan telah mengizinkan aplikasi untuk menggunakan Layanan lokasi, aplikasi akan melacak lokasi pelanggan dan aplikasi akan menampilkan daftar Toko di dekat pelanggan. Setelah pelanggan memilih toko dan produk, pelanggan akan diberi kesempatan untuk mengirimkan pesanan dengan mengklik “Beli”, “Tempatkan pesanan saya” atau tombol yang serupa. Penting untuk memeriksa toko dan produk sebelum mengklik atau memilih tombol ini; setelah pelanggan melakukannya  , Surplus akan mulai memproses pesanan  dan kesalahan tidak dapat dikoreksi.

Pasokan produk pada platform hanya merupakan undangan kepada pelanggan untuk melakukan pemesanan.
Setelah menerima pesanan, Surplus akan mulai memprosesnya dengan mengirimkan pesanan ke toko yang relevan. Surplus  akan memberi tahu pelanggan, bahwa pesanan telah diterima dan sedang diproses. Harap dicatat bahwa setiap halaman konfirmasi yang dapat dikunjungi pelanggan di platform hanya menunjukkan bahwa pesanan telah diterima dan diproses dan tidak berarti bahwa pesanan telah diterima oleh toko. Dengan demikian, perjanjian antara pelanggan dan toko tidak bersifat final hingga pelanggan menerima tanda terima di  aplikasi (“konfirmasi pesanan”).

Harap dicatat bahwa, produk dapat terjual habis. Surplus  tidak menerima tanggung jawab dalam hal ini. Toko dapat membatalkan pesanan yang ditempatkan oleh pelanggan hingga  5 menit  sebelum waktu penjemputan  . Jika toko membatalkan pesanan pelanggan akan menerima  pemberitahuan/email/SMS (asalkan informasi kontak yang relevan given oleh pelanggan benar).

​​​4. Konfirmasi pesanan dan faktur

Setelah menempatkan pesanan, pelanggan akan menerima konfirmasi pesanan melalui email dan platform. Ini berarti bahwa pesanan diterima (tergantung pada pembatalan sebagaimana diatur di sini). Konfirmasi pesanan harus disimpan oleh pelanggan. Konfirmasi pesanan akan berisi informasi mengenai pesanan yang ditempatkan oleh pelanggan dan nama, alamat, informasi pembayaran, produk yang dipesan, harga, ketentuan pembayaran, waktu dan tempat pengambilan dan tautan ke  persyaratan yang diterima oleh pelanggan.

​​​​5. Harga

Semua harga ditampilkan dalam mata uang negara tempat toko berada dan termasuk PPN yang berlaku namun mungkin mengecualikan biaya administrasi pembayaran online, kecuali ditentukan. Setiap biaya yang terkait dengan pesanan dan pembayaran akan dihitung dan dicantumkan ketika pelanggan menempatkan pesanan. Kesalahan dalam harga yang ditunjukkan pada platform dapat terjadi.

​​​​6. Pembayaran

Pelanggan dapat membayar dengan beberapa e-wallet  serta metode pembayaran lainnya yang disediakan di platform.

Setelah menempatkan pesanan pembelian, jumlah yang ditetapkan oleh toko untuk produk (“harga pembelian”) dicadangkan pada akun pelanggan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih (“akun”). Harga pembelian akan dibebankan ke akun pelanggan setelah pengambilan produk. Harga pembelian dikumpulkan oleh Surplus  dari pelanggan atas nama toko. Surplus  dapat mengubah, memodifikasi atau merestrukturisasi prosedur pembayaran bagi pelanggannya, karena dianggap wajar.

​​​​7. Pickup

Produk yang dipesan di platform harus diambil oleh pelanggan pada alamat penjemputan yang disebutkan. Waktu pick-up biasanya akan menjadi jangka waktu 15-45 menit tetapi dapat menjadi lebih pendek dan lebih lama. Deskripsi toko dan detail tentang kapan dan di mana produk dapat dijemput akan muncul di platform dan dalam konfirmasi pesanan.  Jika pelanggan tiba di alamat penjemputan sebelum waktu penjemputan yang ditentukan, pelanggan harus menunggu di luar demi pelanggan yang datang langsung ke toko. Jika pelanggan tiba terlambat, Toko mungkin ditutup. Pelanggan diminta untuk menunjukkan rasa hormat kepada tamu dan personel toko. Perilaku yang tidak bisa diterima dapat menyebabkan klien dilarang melakukan pemesanan pada platform. 

Jika pelanggan tidak mengambil pesanan tepat waktu, Toko berhak untuk menjaga produk atau  menjual produk kepada pihak lain, tanpa kewajiban kepada pelanggan, dan  surplus  berhak untuk menagih harga penjualan dari pelanggan.

Setelah penjemputan, pelanggan harus menunjukkan konfirmasi pesanan di aplikasi Surplus  kepada karyawan toko, setelah itu mereka akan “membuat” tanda terima dan menyerahkan produk yang dipesan. Ini adalah tanggung jawab pelanggan untuk memastikan bahwa konfirmasi pesanan dalam aplikasi dapat ditampilkan saat pick-up. Pelanggan diharuskan untuk memastikan bahwa produk dan jumlah produk yang disampaikan sesuai dengan pesanan pelanggan.

Surplus tidak berkewajiban atau bertanggung jawab atas kegagalan untuk melakukan atau keterlambatan dalam pelaksanaan setiap kewajiban untuk produk atau jasa.

Selain itu, Surplus tidak bertanggung jawab atas kegagalan atau ketidakpatuhan sehubungan dengan layanannya jika kegagalan tersebut disebabkan oleh keadaan di luar kendali surplus  . Keadaan seperti itu termasuk tetapi tidak terbatas pada gangguan dalam operasi  Surplus  dan/atau toko sebagai akibat dari perundang-undangan, tindakan negara atau otoritas publik, tindakan perang, terorisme, pemogokan, blokade fisik, penguncian dan bencana alam.

​​​​​8. Hak pembatalan

Karena produk adalah barang yang mudah rusak, pelanggan tidak berhak membatalkan pesanan  selama waktu penjemputan

Karena sifat konsep, Surplus  atau toko  dapat membatalkan pesanan  sampai  5 menit  sebelum  waktu pick-up dalam hal toko tidak memiliki makanan surplus. Dalam hal ini, pelanggan akan menerima pemberitahuan pembatalan dari  surplus  atau toko melalui email dan/atau SMS asalkan informasi kontak yang diberikan kepada  surplus  sudah benar. Pelanggan tidak akan ditagih oleh  Surplus. Alasan untuk hak pembatalan yang dijelaskan di atas adalah untuk memastikan bahwa makanan yang digunakan dan dengan demikian untuk membatasi limbah makanan.

9. Hak keluhan

Disarankan, bahwa klien memverifikasi isi pengiriman setelah diterima.
Dalam hal pengaduan, pelanggan harus menghubungi surplus dengan  mengirimkan email dengan pesanan No.,  informasi  & gambar  tentang produk dan mengapa pelanggan tidak puas. Setelah menerima pengaduan,  surplus  akan memproses pengaduan dalam kerjasama dengan toko jika relevan dan pelanggan akan menerima balasan dari  surplus  dalam waktu 10 hari kerja.

10. Ulasan pelanggan

Secara khusus  (tapi tanpa batasan), setiap ulasan yang pelanggan kirimkan melalui platform tidak boleh:

  • mengandung materi yang memfitnah, cabul atau menyinggung;
  • mempromosikan kekerasan atau diskriminasi;
  • melanggar hak kekayaan intelektual orang lain atau badan hukum;
  • melanggar tugas hukum yang berutang kepada pihak ketiga (seperti kewajiban keyakinan);
  • mempromosikan kegiatan ilegal atau menyerang privasi lain
  • memberikan kesan bahwa mereka berasal dari kami; Atau
  • digunakan untuk meniru identitas orang lain atau salah merepresentasikan afiliasi Anda dengan orang lain.

Tindakan terlarang yang tercantum di atas bersifat tidak lengkap. Surplus  berhak (tetapi tidak melakukan, kecuali jika diwajibkan oleh hukum, kewajiban apa pun) untuk menghapus atau mengedit setiap ulasan yang diposting, diunggah, atau ditransmisikan ke platform jika  surplus  menentukan bahwa ulasan melanggar satu atau beberapa larangan yang disebutkan di atas, yang dinyatakan tidak pantas atau dapat mengekspos  surplus  atau pihak ketiga untuk setiap kerugian atau kewajiban dari jenis apa pun, atau untuk alasan lain.

Ulasan yang terdapat di platform hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran dari surplus. Ulasan mencerminkan pendapat pelanggan yang telah memesan melalui platform atau pihak ketiga lainnya, dan setiap pernyataan, saran atau pendapat yang diberikan oleh orang tersebut hanya milik mereka.  Oleh karena itu, sejauh diizinkan oleh hukum,  surplus  tidak bertanggung jawab atau berkewajiban kepada siapa pun untuk setiap ulasan, termasuk tanpa batasan kesalahan, pencemaran nama baik, kecabulan, kelalaian, atau kepalsuan yang mungkin dialami pelanggan dalam ulasan tersebut.

11. Perilaku pelanggan

Jika pelanggan dengan cara apapun berperilaku buruk, menghina karyawan atau pelanggan lain dari toko atau surplus, melakukan kejahatan terhadap atau di toko atau  surplus, melanggar kode etik aturan dari toko atau  surplus  atau melakukan perilaku yang sama,  surplus  mungkin, pada  surplus  kebijaksanaan, Ban atau menangguhkan pelanggan dari platform dan layanan.

​​12. Intelektual

Pelanggan dapat menggunakan platform dan mencetak dan mengunduh ekstrak dari platform untuk penggunaan non-komerkial pribadinya pada dasar berikut:

  • Pelanggan tidak boleh menyalahgunakan platform (termasuk hacking atau “Scraping”).
  • Kecuali dinyatakan lain, hak cipta dan kekayaan intelektual lainnya dalam platform dan materi yang dipublikasikan di dalamnya (termasuk tanpa batasan foto dan gambar grafis) dimiliki oleh surplus  atau  Surplus’s  pemberi lisensi surplus. Karya ini dilindungi oleh hukum hak cipta dan perjanjian di seluruh dunia dan semua hak dilindungi. Untuk tujuan ketentuan ini, penggunaan ekstrak dari platform selain sesuai dengan klausul 12 ini dilarang.
  • Pelanggan tidak boleh memodifikasi salinan digital atau kertas dari materi apa pun yang dia cetak sesuai dengan klausul 12 dan pelanggan tidak boleh menggunakan gambar, foto atau urutan grafis, video, atau audio lainnya yang terpisahdari teks yang menyertainya.
  • Pelanggan harus memastikan bahwa status surplus  sebagai penulis materi di platform selalu diakui dan dirujuk.
  • Pelanggan tidak diperkenankan untuk menggunakan materi apa pun di platform atau platform itu sendiri untuk tujuan komersial tanpa mendapatkan lisensi dari surplus  untuk melakukannya.
  • Kecuali sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 12 ini, platform tidak boleh digunakan, dan tidak ada bagian dari platform yang dapat direproduksi atau disimpan di platform lain atau termasuk dalam sistem atau layanan pengambilan elektronik publik atau swasta, tanpa izin tertulis sebelumnya dari surplus .

13. Hukum yang mengatur

Ketentuan ini dan kontrak apapun untuk pembelian produk tunduk pada hukum negara tempat Bursa berada.
Setiap perselisihan yang timbul dari atau sehubungan dengan ketentuan ini akan – di mana perselisihan tersebut tidak dapat diselesaikan secara damai – diputuskan oleh pengadilan negara tempat Bursa berada.

Cari tahu informasi terbaru

Unduh aplikasi

   

Surplus Indonesia – PT Ekonomi Sirkular Indonesia
Jl Gudang Peluru Timur Blok H no. 201, Kebon Baru, Tebet,
Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia

Surplus Indonesia – PT Ekonomi Sirkular Indonesia
Jl Gudang Peluru Timur Blok H no. 201, Kebon Baru, Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia

Back To Top